Selamat Datang di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pakpak Bharat.: Motto: Menjadi Rumah Sakit yang Tanggap dan Berkualitas Sesuai dengan Profesionalisme dalam Memberikan Pelayanan Kesahatan
Home » , » PENGASAPAN (FOGGING) SARANG NYAMUK DALAM RANGKA PENGENDALIAN PENYAKIT DBD DAN CHIKUNGUNYA.

PENGASAPAN (FOGGING) SARANG NYAMUK DALAM RANGKA PENGENDALIAN PENYAKIT DBD DAN CHIKUNGUNYA.

Written By Rumah Sakit Umum Daerah Salak Kab. Pakpak Bharat on Senin, 19 Maret 2012 | 21.08

 Pelaksanaan Pengasapan (Fogging) dalam rangka menekan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Demam Chikungunya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Sepanjang tahun 2011 Dinas Kesehatan melalui bidang P2PL telah melaksanakan fogging di tiga desa pada tiga kecamatan, yaitu Desa Mbinalun (Kec STU Jehe), Desa Kuta Babo (Kec Tinada) dan Desa Siempat Rube II (Kec Siempat Rube). Adapun pelaksanaan fogging di tiga desa tersebut adalah berdasarkan laporan jumlah laporan kasus Demam Chikungunya. Kegiatan fogging ini bersumber dari dana APBD Kab Pakpak Bharat Tahun 2011 dan pada tahun 2012 Dinas Kesehatan Kabupaten Pakpak Bharat telah melaksanakan fogging di Desa Aornakan II dan Kecupak I untuk menekan dan mencegah penyebaran penyakit tersebut. Dalam pelaksanaan kegiatan fogging Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Puskesmas, Camat dan Kepala Desa sehingga pelaksanaan fogging dapat berjalan dengan baik dan masyarakat sangat antusias. Sedangkan pada tahun 2013 Dinas Kesehatan melalui Bidang P2PL telah merencanakan kegiatan untuk pencegahan dan pemberantasan penyakit menular DBD, diantaranya adalah  pemeriksaan jentik nyamuk, sosialisasi DBD, pelaksanaan fogging, dan penyebarluasan informasi melalui media poster dan leaflet.
Masyarakat sangat mengharapkan kegiatan ini dapat terlaksana secara rutin dan berkesinambungan, sehingga penyebaran Demam Chikungunya dan DBD yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti dapat dicegah penularannya.

Sumber : Dinkes Kab. Pakpak Bharat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Rumah Sakit Umum Daerah Salak Kabupaten Pakpak Bharat . All Rights Reserved.