Selamat Datang di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Pakpak Bharat.: Motto: Menjadi Rumah Sakit yang Tanggap dan Berkualitas Sesuai dengan Profesionalisme dalam Memberikan Pelayanan Kesahatan
Home » , » ICON RSUD SALAK SEBAGAI PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT

ICON RSUD SALAK SEBAGAI PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Written By Rumah Sakit Umum Daerah Salak Kab. Pakpak Bharat on Selasa, 20 Maret 2012 | 00.22

Kesehatan bagi manusia adalah segalanya. Orang rela membayar berapa saja agar bisa sehat. Situasi yang sungguh manusiawi ini dicermati oleh Kabupaten Pakpak Bharat melalui visi dan misinya yaitu masyarakat Pakpak Bharat yang sehat melalui peningkatan kualitas pelayanan dan sarana/prasarana kesehatan.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Salak yang tergolong relatif baru, dan tak berbeda jauh usianya dengan Kabupaten ini berusaha mewujudkan cita-cita dari visi dan misi tersebut dan berusaha menjadi tulang punggung pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pakpak Bharat. Agar pelayanan dapat berjalan maksimal, pengadaan akan kebutuhan alat-alat kesehatan terus diupayakan. Selain itu infrastruktur jalan menuju RSUD Salak serta bangunan juga tetap menjadi prioritas. Saat ini mungkin dapat dilihat bagaimana perkembangan kondisi yang terjadi terhadap sarana dan prasana tersebut yang dapat dikategorikan mendekati kesempurnaan.
Selain kesiapan dari segi sarana dan prasarana, RSUD juga menyiapkan pelayanan yang prima dengan tetap berpegang pada aturan main dalam bentuk SOP (standard operational procedure) yang sudah dibuat. Prioritas-prioritas pelayanan kesehatan diutamakan adalah pelayanan kepada pada golongan tidak mampu dan kesehatan ibu dan anak.
Kabupaten Pakpak Bharat memiliki satu program program jaminan kesehatan daerah yang diberikan kepada masyarakat miskin dengan nama Njuah Karina, selain program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) yang berasal dari Pemerintah Pusat. Kedua jenis jaminan kesehatan untuk golongan yang tidak mampu ini akan siap dilayani oleh RSUD Salak dengan tanpa keraguan. Artinya, apabila Puskesmas sudah tidak sanggup, maka yang menjadi titik akhir di Kabupaten Pakpak Bharat adalah RSUD Salak. Jika RSUD Salak tidak sanggup baru merunjuk selanjutnya ke rumah sakit lain sesuai aturan dalam jaminan kesehatan tersebut.
RSUD Salak juga menyiapkan prioritas program KIA atau Kesehatan Ibu dan Anak. Hal ini dilakukan sebagai dukungan akan program nasional yang ikut dalam kesepakatan global pada MDG’s (Millennium Development Goal’s). MDG’s menargetkan pada tahun 2015 angka kematian ibu melahirkan akan menurun dari 228 per 100.000 di tahun 2007 menjadi 102.
Perlu diketehui, salah satu faktor tingginya angka kematian ibu melahirkan di Indonesia adalah disebabkan karena relatif masih rendahnya cakupan pertolongan oleh tenaga kesehatan. Kementerian Kesehatan menetapkan target 90 persen persalinan ditolong oleh tenaga medis pada tahun 2010.
Kesiapan akan itu semua dilakukan oleh RSUD Salak melalui penyiapan sarana dan prasarana seperti USG (Ultra Sono Graphi), Inkubator, Ruang Rawat Inap Ibu dan Ruang Rawat Inap Anak serta kesiapan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan serta Dokter Spesialis Anak. Jadi RSUD Salak sebagai satu-satunya rumah sakit di Kabupaten ini akan siap sebagai yang terbaik dibidang pelayanan kesehatan untuk masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat.
sumber : http://rsudsalak.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2012. Rumah Sakit Umum Daerah Salak Kabupaten Pakpak Bharat . All Rights Reserved.